Alka Cantika Az-zahra Febianca; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017 - 2021)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh debt to equity ratio (DER) dan ukuran perusahaan secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan studi pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017 — 2021. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder berupa laporan keuangan pada 33 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017 — 2021 yang dipublikasikan melalui website resmi BEI yaitu www.idx.co.id. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan dengan jumlah laporan keuangan sebanyak 55 laporan keuangan perusahaan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis verifikatif dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi data panel dengan menggunakan uji pemilihan model regresi data panel, uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji f. Dalam penelitian ini untuk menganalisis data menggunakan alat bantu program Econometric Views (Eviews) versi 11.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Debt to equity ratio (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. 2) Ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan . 3) Debt to equity ratio (DER) dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci : debt to equity ratio, ukuran perusahaan, nilai perusahaan.
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2022
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Alka Cantika Az-zahra Febianca. (2022).PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017 - 2021).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd