Ane Nurjanah; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH RASIO LANCAR DAN RASIO HUTANG ATAS ASET TERHADAP RASIO PENGEMBALIAN ASET PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan BUMN Go Public Yang Terdaftar Di BEI Periode 2017-2021)


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian iniadalah untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh dari Rasio Lancar dan Rasio Hutang Atas Aset terhadap Rasio Pengembalian Aset pada Perusahaan BUMN go public yang terdaftar di BEI periode 2017-2021. Jenis penelitian ini menggunakan motode analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa data sekunder (laporan keuangan) serta teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS.19 dengan hasil analisis regresi linier berganda yaitu menyatakan hubungan kolerasi positif dari variabel independen terhadap variabel dependen, dengan hasil uji koefiesien determinasi secara simultan yaitu sebesar 19,4%. Hasil uji parsial (Uji t) yang dilakukan menyatakan bahwa Rasio Lancar (X1) tidak berpengaruh terhadap Rasio Pengembalian Aset (Y) dengan hasil thitung < ttabel atau 0,882 < 1,991, sementara Rasio Hutang Atas Aset (X2) memiliki pengaruh terhadap Rasio Pengembalian Aset (Y) dengan hasil thitung > ttabel yaitu 4,164 > 1,991. Kemuadian hasl pengujian secara simultan (Uji F) didapat terdapat pengaruh antara Rasio Lancar (X1) dan Rasio Hutang Atas Aset (X2) terhadap Rasio Pengembalian Aset (Y) dengan hasil Fhitung > Ftabel atau 10,525 > 3,11.
Kata Kunci : Rasio Lancar, Rasio Hutang Atas Aset, Rasio Pengembalian Aset
Ane Nurjanah - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2022
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ane Nurjanah. (2022).PENGARUH RASIO LANCAR DAN RASIO HUTANG ATAS ASET TERHADAP RASIO PENGEMBALIAN ASET PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan BUMN Go Public Yang Terdaftar Di BEI Periode 2017-2021).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd