Lustria Rahayu; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH RASIO LANCAR DAN MARGIN LABA BERSIH TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rasio Lancar dan Margin Laba Bersih terhadap Tingkat Pengembalian Saham pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021 baik secara parsial maupun simultan. Adapun latar belakang penelitian ini adanya kenaikan yang signifikan pada sektor farmasi di masa pandemi Covid-19 dibandingkan dengan sektor lainnya. Pandemi yang sudah berlangsung selama 2 tahun ini telah mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih peduli dengan kesehatan seperti mengonsumsi berbagai vitamin, suplemen, maupun obat-obatan. Pada tahun 2021 lalu, emiten sektor farmasi memang rata-rata mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang cukup signifikan di banding rata-rata pertumbuhan tahun-tahun sebelumnya. Di Indonesia sendiri, farmasi merupakan sektor yang menjanjikan karena merupakan bagian dari sektor prioritas dalam upaya merealisasikan program Making Indonesia 4.0. Berbagai negara berbondong-bondong berinvestasi lebih besar pada sektor farmasi. Tentunya hal ini sangat berdampak pada sektor farmasi di pasar modal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif dengan menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi) analisis regresi linier berganda, uji koefisiensi determinasi dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t (t test) dan uji F (F test). Analisis data dengan menggunakan bantuan software SPSS 25. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling sebanyak 6 perusahaan pada sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Penelitian ini dilakukan melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id .
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Rasio Lancar secara parsial tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pengembalian Saham sedangkan Margin Laba Bersih secara parsial berpengaruh terhadap Tingkat Pengembalian Saham. Secara simultan Rasio Lancar dan Margin Laba Bersih berpengaruh terhadap Tingkat Pengembalian Saham sebesar 61,2% pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021.
Kata Kunci : Rasio Lancar, Margin Laba Bersih, Tingkat Pengembalian Saham
Lustria Rahayu - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2022
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Lustria Rahayu. (2022).PENGARUH RASIO LANCAR DAN MARGIN LABA BERSIH TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd