Budhi Setiabudhi; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN DAN SIKAP KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM KICIMPRING DI DESA PAGERWANGI


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Pengetahuan Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM Kicimpring di Desa Pagerwangi, (2) pengaruh Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Pelaku UMKM Kicimpring di Desa Pagerwangi, (3) dan pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Pelaku UMKM Kicimpring di Desa Pagerwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kausal asosiatif (causal assosiative research). Subjek penelitian ini adalah seluruh pemilik UMKM Kicimpring di Desa Pagerwangi sebanyak 25 UMKM. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap 25 orang diluar subjek yang terdaftar sebagai UMKM Kicimpring di Desa Pagerwangi. Teknis analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis verivikatif dangan metode MSI (Method Of Succeshive Internal) dan juga analisis jalur (Path Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif Pengetahuan Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM Kicimpring di Desa Pagerwangi dengan dengan koefisien regresi mempunyai nilai sangat kuat sebesar 0,890 atau 89% dan diagram jalur Pengetahuan Keuangan (X1) memberikan kontribusi paling dominan terhadap perilaku manajemen keuangan (Y) yaitu 71,7%, (2) saling berhubungan tapi tidak terdapat pengaruh positif Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM Kicimpring di Desa Pagerwangi dengan koefisien regresi mempunyai nilai sangat kuat sebesar 0,805 atau 80,5% dan diagram jalur Sikap Keuangan (X2) memberikan kontribusi yaitu - 6,6%, (3) terdapat pengaruh positif Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM Kicimpring di Desa Pagerwangi dengan koefisien regresi mempunyai nilai kuat sebesar 0,667 atau 66,7% dan diagram jalur di ketahui bahwa total kontribusi yang diberikan kedua variabel bebas sebesar 65,1%.
Kata Kunci : Pengetahuan Keuangan, Perilaku Manajemen Keuangan,
Sikap Keuangan
Budhi Setiabudhi - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2022
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Budhi Setiabudhi. (2022).PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN DAN SIKAP KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM KICIMPRING DI DESA PAGERWANGI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd