Miftah Fariz; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH INFLASI DAN NILAI TUKAR (KURS) TERHADAP INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Indeks Saham Syariah di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2020)


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegetahu seberapa besar pengaruh makro ekonomi khusunya inflasi dan nilai tukar terhadap indek saham syariah Indonesia dimana penelitian ini dapat di gunakan sebagai referensi bagi para investor, perusahaan dan peneliti lain untuk melakukan penelitian dengan menggunakan varibel bebas yang sama yaitu Inflasi dan nilai tukar atau lebih terhadap indeks saham syariah Indonesia.
Indeks Saham Syariah Indonesia merupakan salah satu indeks yang sama kinerjanya dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tetapi berbeda dengan IHSG perusahaan yang masuk kedalam Indeks Saham Syariah Indonesia yaitu perusahaan yang kegiatan usahanya tidak bertentangan dengan Prinsip Islam (Syariah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh makro ekonomi khususnya variabel Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data skunder yang bersifat secara kuantitatif yang terdiri dari data Inflasi (X1) dan Nilai Tukar (X2) dengan pengambilan data terdiri dari data bulanan periode tahun 2015-2020. Metode analisis dalam yang dilakukan dalam penelitian ini metode analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan dengan menggunakan perangkat lunak aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25. Syarat untuk melakukan uji analisi perlu dilakukan pengujian uji asumsi klasik, selain itu dilakukan juga pengujian koefisien determinasi, uji t, dan uji f .
Hasl dari penelitian ini menunjukan bahwa penelitian varibel inflasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia, hal ini di tujukan dengan nilai tingkat signifikansi 5% dengan hasil signifikansi uji t sebesar 0,348. Variabel Nilai Tukar Rupiah secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia hal ini di tunjukan dengan nilai tingkat signifikansi 5% dengan hasil signifikansi uji t sebesar 0,882. Dan hasil simultan secara bersama sama mengahasilkan pengeruh Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia tidak terdapat pengaruh secara signifikan dengan hasil uji f 0,628 lebih besar dari 0,05 yang merupakan tingkat signifikan penelitian.
Kata kunci: Inflasi; Nilai Tukar (Kurs); Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)
Miftah Fariz - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Miftah Fariz. (2021).PENGARUH INFLASI DAN NILAI TUKAR (KURS) TERHADAP INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Indeks Saham Syariah di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd