Juhani; " />
Record Detail Back

XML

KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI DAMPAK DARI LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN (Survey Pada Konsumen Alfamart di Paskal Hypersquare Blok D Bandung)


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi lokasi, kualitas pelayanan, dan kepuasan konsumen di Alfamart Paskal Hypersquare Blok D Bandung. Serta untuk mengetahui berapa besar pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, serta pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepusan konsumen. Dalam penelitian ini sebagai variabel bebas (X) yaitu lokasi dan kualitas pelayanan, sedangkan variabel terikat (Y) yaitu kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen merupakan salah satu hal terpenting dalam perjalanan bisnis, karena dengan kepuasan yang dimiliki konsumen akan melakukan pembelian ulang atau bahkan merekomendasikan produk perusahaan kepada orang lain. Lokasi dan kualitas pelayanan menjadi penting, karena konsumen akan memilih untuk membeli suatu produk di lokasi yang mudah dijangkau. Begitu juga dengan kualitas pelayanan, ketika membeli suatu produk, bukan hanya kualitas produk yang dinilai oleh konsumen, tetapi juga kualitas pelayanan yang diberikan oleh penjual.
Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang mana konsumen merupakan responden dalam penelitian, untuk mengumpulkan data menggunakan kuisioner dengan jumlah 88 orang yang terdiri konsumen yang pernah berbelanja dan mengetahui Alfamart Paskal Hypersquare Blok D Bandung. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan verifikatif. Untuk mengolah data, penulis menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2016 dan SPSS 25 For Windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa lokasi berada pada kategori cukup baik menuju baik, kualitas pelayanan berada pada kategori cukup baik menuju baik, dan kepuasan konsumen berada pada kategori cukup baik menuju baik. Hasil Uji t menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hasil Uji F menunjukkan bahwa lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Untuk dapat membuat konsumen merasa lebih puas, Alfamart Paskal Hypersquare Blok D Bandung hendaknya harus lebih memperhatikan lokasi dan kualitas pelayanan secara simultan. Sebab, kedua variabel tersebut memegang peranan yang penting dalam mempengaruhi kepuasan konsumen.
Kata Kunci : Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
Juhani - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Juhani. (2021).KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI DAMPAK DARI LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN (Survey Pada Konsumen Alfamart di Paskal Hypersquare Blok D Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd