Bagus Hamurobi Suryonoto; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH SOCIAL MEDIA ADVERTISING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERHIASAN EMAS


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh social media advertising dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk perhiasan emas. Dalam penelitian ini sebagai variabel bebas (X) yaitu social media advertising dan electronic word of mouth, sedangkan variabel terikat (Y) yaitu keputusan pembelian. Keputusan pembelian merupakan hal yang penting bagi perusahaan untuk dapat menentukan keberhasilan dalam melakukan penjualan produk yang mereka miliki. Menciptakan suatu keputusan pembelian dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya yaitu social media advertising dan electronic word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian, ketika dua hal tersebut bersifat baik, maka secara otomatis akan terjadi keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen, begitu pula sebaliknya.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian sampel dan konsumen merupakan responden dalam penelitian, pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner dengan jumlah responden 88 orang, terdiri dari followers Facebook toko Mas ABC Pasir Koja pada tahun 2021. Metode kuantitatif menjadi metode yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif. Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2016 dan SPSS 25 For Windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa social media advertising berada pada kategori baik menuju sangat baik, electronic word of mouth berada pada kategori baik menuju sangat baik, dan keputusan pembelian berada pada kategori baik. Hasil Uji t menunjukan bahwa social media advertising berpengaruh terhadap keputusan pembelian, electronic word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil Uji f menunjukan bahwa social media advertising dan electronic word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Untuk dapat membuat lebih banyak terjadinya keputusan pembelian produk perhiasan emas, Toko Mas ABC Pasir Koja hendaknya lebih memperhatikan social media advertising dan electronic word of mouth secara simultan. Karena kedua variabel tersebut memegang peranan penting terhadap keputusan pembelian yang akan dilakukan oleh calon konsumen.
Kata Kunci : Social Media Advertising, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian
Bagus Hamurobi Suryonoto - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Bagus Hamurobi Suryonoto. (2021).PENGARUH SOCIAL MEDIA ADVERTISING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERHIASAN EMAS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd