Eneng Lisa Ariyanti; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH INFLASI DAN KURS IDR/USD TERHADAP LOAN TO DEPOSIT RATIO (Studi pada Sub Sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)


ABSTRAK
Skripsi ini berjudul “ Pengaruh Inflasi dan Kurs IDR/ USD terhadap Loan to Deposit Ratio studi pada Sub Sektor Perbankan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020”. Skripsi ini ditulis oleh Eneng Lisa Ariyanti, NPM 41152010170076, prodi Manajemen, Universitas Langlangbuana. Latar belakang penulis melaksanakan penelitian ini berdasarkan fenomena, sering kali permasalahan perbankan dalam penyaluran kredit kepada masyarakat. Penyaluran kredit ini di hitung dengan menggunakan Loan to Deposit Ratio dimana untuk mengetahui berapa banyak kredit yang disalurkan dengan perbandingan total dana pihak ketiga yang ditimpun oleh bank. Maka penulis ingin meneliti apakah faktor inflasi dan kurs IDR/USD juga dapat mempengaruhi penyaluran kredit. Dimana pada masa pengamatan ini terjadi kenaikan dan penurun yang sangat drastis pada faktor inflasi dan kurs. Kemudian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh inflasi terhadap Loan to deposit Ratio, seberapa besar pengaruh kurs terhadap Loan to Deposit Ratio dan seberapa besar pengaruh inflasi dan kurs terhadap Loan to Deposit Ratio.
Penelitian yang penulis lakukan disini adalah penelitian dokumenter dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini penulis lakukan di perusahaan perbankan sub sektor BUMN dan sumber informasi yang diambil dari Bursa Efek Indonesia dan Badan Pusat Statistik. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Penulis menggunakan teknik analisis data. Sedangkan di dalam pembahasannya digunakan metode deskriptif dan verifikatif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis tentang inflasi dan kurs bahwa inflasi dan kurs tidak mempengaruhi Loan to Deposit Ratio secara langsung. Karena inflasi dan kurs ini adalah ekonomi makro sedangkan Loan to Deposit Ratio adalah ekonomi mikro. Dimana ekonomi makro berbicara hal luas sedangkan mikro bagian-bagian dari makro.Maka dimasa pengamatan 2016-2020 meskipun inflasi dan kurs menngalami naik turun secara drastis namun bank BUMN bisa dinyatakan likuid karena penyaluran kredit tidak bermasalah dan bank mampu menghimpun dana dari pihak ketiga.
Kata kunci: Inflasi, Kurs IDR/USD dan Loan to Deposit Ratio
Eneng Lisa Ariyanti - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Eneng Lisa Ariyanti. (2021).PENGARUH INFLASI DAN KURS IDR/USD TERHADAP LOAN TO DEPOSIT RATIO (Studi pada Sub Sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd