Andrian R; " />
Record Detail Back

XML

ANALISIS DAMPAK MERGER DAN AKUISISI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAN NILAI PERUSAHAAN, YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA PERIODE 2016-2019


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak merger dan akuisisi terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016 sampai 2019. Merger merupakan penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu, akuisisi merupakan pengambilalihan sebagian atau seluruh aset kepemilikan oleh perusahaan lain, kinerja keuangan merupakan gambaran dari pencapaian keberhasilan perusahaan dan nilai perusahaan adalah persepsi investor terhadap perusahaan.
Kinerja keuangan dan nilai perusahaan diukur dengan rasio-rasio keuangan yang meliputi: Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Total Assets Turn Over (TATO), Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER).
Penelitian ini merupakan penelitian studi peristiwa. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di BEI. Pemilihan sampel menggunakan non probability sampling, dengan pendekatan purposive sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 28 sampel. Data yang digunakan berupa data sekunder dengan metode dokumentasi. Pengujian yang dilakukan adalah uji statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji Wilcoxon signed rank test. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan analisis uji beda sampel berpasangan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan data satu tahun sebelum dan satu tahun sesudah merger dan akuisisi didapati tidak terdapat perbedaan yang signifikan di semua rasio keuangan pada perusahaan antara sebelum dan sesudah melakukan merger dan akuisisi.
Kata Kunci: Merger, Akuisisi, Kinerja Keuangan Perusahaan, Nilai Perusahaan
Andrian R - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Andrian R. (2021).ANALISIS DAMPAK MERGER DAN AKUISISI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAN NILAI PERUSAHAAN, YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA PERIODE 2016-2019.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd