Yuli Nur Pancasari; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH TATA LETAK RUANG PRODUKSI DAN PEMELIHARAAN MESIN PRODUKSI TERHADAP EFEKTIVITAS PRODUKSI DI CV. BIMA TIRTA


ABSTRAK
Tata Letak Ruang Produksi merupakan aspek penting dalam tercapainya suatu Efektivitas Produksi, karena kelangsungan efektivitas produksi dapat ditunjang dengan kenyamanan dan keamanan karyawan dalam melakukan kegiatan produksi. Selain itu, pemeliharaan mesin pun menjadi penunjang dalam mencapai efektivitas produksi. Dilakukannya pemeliharan mesin karena mesin harus siap beroperasi atau dalam keadaan baik dalam melakukan kegiatan produksi, karena apabila terjadi kerusakan maka mesin tidak akan bisa menghasilkan produk secara optimal, dan akan berdampak langsung terhadap efektivitas produksi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tata Letak Ruang Produksi dan Pemeliharaan Mesin terhadap Efektivitas Produksi di CV. Bima Tirta. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan di bidang produksi CV. Bima Tirta sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisioner, dan studi kepustakaan. Metode analisis statistik yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel bebas (tata letak ruang produksi dan pemeliharaan mesin) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (efektivitas produksi) di CV. Bima Tirta. Pengaruh tata letak ruang produksi dan pemeliharaan mesin terhadap efektivitas produksi sebesar 83,5%, sedangkan sisanya sebesar 16,5% yang berasal dari variabel-variabel lain selain tata letak mesin produksi dan pemeliharaan mesin.
Kata kunci : Tata Letak Ruang Produksi, Pemeliharaan Mesin, Efektivitas Produksi
Yuli Nur Pancasari - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Yuli Nur Pancasari. (2021).PENGARUH TATA LETAK RUANG PRODUKSI DAN PEMELIHARAAN MESIN PRODUKSI TERHADAP EFEKTIVITAS PRODUKSI DI CV. BIMA TIRTA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd