Rian Novianto Putra; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) (Study Pada Sektor Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Perputaran Piutang terhadap Return On Assets. Pertumbuhan penjualan adalah peningkatan penjualan antara tahun sekarang dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang dinyatakan dalam bentuk persentase. Perputaran piutang merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur berapa lama penagihan piutang selama satu periode. Return on asset perusahaan merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan berdasarkan sumber daya atau asset yang dimilikinya.
Penelitian ini mengguanakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahan periode 2015-2019. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh 12 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analaisis regresi linier berganda, analisis koefisien kolerasai, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan menggunakan uji asumsi klasik terlebih dahulu.
Hasil penelitian adalah 1) pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap return on asset, 2) perputaran piutang berpengaruh signifikan terhadap return on asset, 3) pertumbuhan penjualan dan perputaran piutang terhadap return on asset berpengaruh signifikan.
Kesimpulan penelitian adalah setiap kenaikan pertumbuhan penjualan dapat diikuti oleh adanya peningkatan return on asset. Setiap kenaikan perputaran piutang dapat diikuti oleh adanya peningkatan return on asset. Setiap pertumbuhan penjualan dan perputaran piutang secara bersamaan akan diikuti oleh adanya peningkatan return on asset, sehingga keuntungan perusahaan akan semakin besar.
Kata Kunci : Pertumbuhan penjualan, Perputaran Piutang, dan Return On Asset
Rian Novianto Putra - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Rian Novianto Putra. (2021).PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) (Study Pada Sektor Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd