Nurul Fitriyani Fatimah; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sumedang)


ABSTRAK
Perkembangan dunia bisnis yang telah memasuki era globalisasi menuntut perusahaan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya yang dimiliki termasuk sistem informasi akuntansi. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas sistem informasi akuntansi adalah pemanfaatan teknologi informasi dan kompetensi sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan kompetensi sumber daya manusia terhadap efektivitas sistem informasi akuntansi pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sumedang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian desktiptif dan verifikatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer dengan teknik pengambilan data berupa kuesioner. Teknik penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 36 karyawan yang terlibat dan menjadi pengguna sistem informasi akuntansi di seluruh unit wilayah kerja yang memakai sistem informasi akuntansi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Data yang terkumpul diolah menggunakan Software Statistical Program For Science (SPSS) versi 25 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sistem informasi akuntansi baik secara parsial maupun secara simultan.
Kata Kunci :
Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi.
Nurul Fitriyani Fatimah - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nurul Fitriyani Fatimah. (2021).PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sumedang).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd