Ulfah Nurlaela; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PERPUTARAN KAS DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2016-2020)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perputaran kas dan Perputaran Piutang Terhadap kemampuan perusahaan dalam memperoleh profitabilitas dengan menggunakan metode Return on Assets pada Perusahaan Manufaktur sub sektor makanan dan minuman di BEI Periode 2016-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sesuai kriteria yang sudah ditetapkan dalam pengambilan sampel, terdapat 7 perusahaan yang masuk sesuai kriteria. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan sub sektor makanan dan minuman periode 2016-2020. Rancangan pengujian hipotesis menggunakan mulai dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi,analisis koefisien determinasi, uji t dan uji f.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara perputaran kas terhadap profitabilitas perusahaan. (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara perputaran piutang terhadap profitabilitas perusahaan. (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara perputaran kas dan perputaran piutang secara simultan terhadap profitabilitas perusahaan.
Kata Kunci : Perputaran Kas, Perputaran piutang, Profitabilitas
Ulfah Nurlaela - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ulfah Nurlaela. (2021).PENGARUH PERPUTARAN KAS DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2016-2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd