Siti Hanipah; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI PEMILIK DAN PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN UMKM (Studi Pada UMKM Krecek Sapi dan Pabrik Kerupuk Kulit di Desa Banjaran Wetan)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu Pengetahuan Akuntansi Pemilik (X1) Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan (X2) terhadap Pelaporan Keuangan UMKM (Y) di Desa Banjaran Wetan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 populasi dengan menggunakan sampel sebanyak 30 responden UMKM Kerupuk Kulit dan Krecek Sapi dengan menggunakan metode kuesioner dalam intrumen pengumpulan data.
Uji instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. hasil uji validitas terdapat 1 pertanyaan yang tidak valid dalam Pengetahuan Akuntansi Pemilik, 1 pertanyaan tidak valid dalam Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dan 4 pertanyaan yang tidak valid dalam Pelaporan Keuangan UMKM. Sedangkan dari hasil uji reabilitas semua variabel dinyatakan reliabel dengan nilai 0,877 untuk Pengetahuan Akuntansi Pemilik, 0,793 untuk Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dan 0,720 untuk Pelaporan Keuangan UMKM. Dari hasil uji statistic deskriptif diperoleh mean senilai 79,80 untuk X1, 24,36 untuk X2 dan 40,70 untuk Y dengan standar deviasi 7,69 untuk X1, 2,79 untuk X2 dan 2,65 untuk Y. Sebelum diadakan uji hipotesis dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitasdan uji autokorelasi.
selanjutnya dilakukan pengujian uji regresi sederhana. Dari hasil uji hipotesis pertama dihasilkan bahwa Pengetahuan Akuntansi Pemilik berpengaruh terhadap Pelaporan Keuangan UMKM yang dapat dibuktikan dengan thitung lebih besar dari pada ttabel dengan nilai 2,777 > 2.042 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,010 < 0,05). Dari hasil uji hipotesis kedua Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan berpengaruh terhadap Pelaporan Keuangan UMKM yang dapat di buktikan dengan thitung lebih besar dari pada ttabel dengan nilai 2,680 > 2,042 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,012 < 0,05).
Kata Kunci : Pengetahuan Akuntansi Pemilik, Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan, Pelaporan Keuangan UMKM.
Siti Hanipah - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Siti Hanipah. (2021).PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI PEMILIK DAN PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN UMKM (Studi Pada UMKM Krecek Sapi dan Pabrik Kerupuk Kulit di Desa Banjaran Wetan).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd