FEBBILA SRINURYANI; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO DAN NON PERFORMING LOAN TERHADAP RETURN ON ASSET (Studi Pada Sub Sektor Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017-2020)


ABSTRAK
Hasil pengujian dan pengolahan pada penelitian ini terdapat pengaruh rasio pinjaman atas deposito dan kredit bermasalah terhadap pengembalian aset. Penelitian ini berupa jenis kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data sekunder, dengan pengambilan sampel berupa kriteria-kriteria tertentu sesuai kebutuhan penelitian. Banyaknya perusahaan perbankan yang dijadikan sebagai populasi penelitian, yaitu sebanyak 43 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017 sampai 2020, dan sampel sebanyak 13 perusahaan perbankan sesuai adanya laporan keuangan tahunan yang sudah dipublikasikan dan diaudit selama tahun 2017 sampai 2020. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis koefisien korelasi pearson dan uji hipotesis, dengan pengolahan outpuy dari IBM SPSS Statistik 22.
Hasil koefisien korelasi pearson menggunakan metode korelasi pearson produck moment (r) yaitu antara masing-masing variabel Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Return On Asset (ROA). Non Performing Loan (NPL) terdapat adanya hubungan korelasi terhadap Return On Asset (ROA).
Sedangkan pengolahan output uji hipotesis, pada koefisien determinasi (R Square) tersebut bahwa variabel Loan to Deposit Ratio (LDR) (X1) dan Non Performing Loan (NPL) (X2) berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) (Y) sebesar 0,590 atau 59%. Hasil uji t (parsial) pada variabel Loan to Deposit Ratio (LDR) nilai koefisien regresi sebesar -0,173 dengan hasil thitung -1,878 dan nilai signifikan 0,066 serta ttabel 2,009 sehingga Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return On Asset (ROA), sedangkan variabel Non Performing Loan (NPL) nilai koefisien regresi sebesar -0,731 dengan hasil thitung -7,951 dan nilai signifikan 0,000 serta nilai ttabel 2,009 maka Non Performing Loan (NPL) berpengaruh negatif signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Hasil output pada uji F (simultan) nilai Fhitung sebesar 35,257 dan nilai signifikan sebesar 0,000 serta nilai ttabel sebesar 3,18 maka Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL) berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) secara simultan.
Kata Kunci : Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), Return On Asset (ROA)
FEBBILA SRINURYANI - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
FEBBILA SRINURYANI. (2021).PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO DAN NON PERFORMING LOAN TERHADAP RETURN ON ASSET (Studi Pada Sub Sektor Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017-2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd