Agus Sofyan / 41152010160120; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK. II SARTIKA ASIH BANDUNG


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Kepuasan Pasien yang diterapkan oleh Rumah Sakit Bhayangkara Tk. II Sartika Asih Bandung. Serta untuk mengetahui berapa besar pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien, Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien serta pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien. Dalam penelitian ini sebagai variabel bebas (X) yaitu Kualitas Pelayanan dan Fasilitas, sedangkan variabel terikat (Y) yaitu Kepuasan Pasien.
Kepuasan Pasien merupakan bagian dari unsur yang melekat pada diri pasien. Pada saat ini terdapat beberapa alternatif untuk menjamin Kepuasan Pasien, diantaranya Kualitas Pelayanan dan Fasilitas yang memadai. Oleh karena Kualitas Pelayanan dan Fasilitas sangat mempengaruhi perilaku pasien dikarenakan kenyamanan dan keamanan pelayanan dan fasilitas menjadi kebutuhan yang sangat penting .
Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang mana konsumen merupakan responden dalam penelitian, untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Untuk mengolah data, penulis menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2013 dan SPSS 22 For Windows.
Hasil penelitian menyatakan bahwa Kualitas Pelayanan berada pada kategori baik, Fasilitas berada pada kategori baik, Kepuasan Pasien berada pada kategori baik. Hasil Uji-T menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien, Fasilitas berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien. Uji-F menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Fasilitas berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pasien
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Agus Sofyan / 41152010160120. (2021).PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK. II SARTIKA ASIH BANDUNG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd