Desna Yustika Sari; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PENGEMBALIAN ATAS ASET (ROA) DAN PENGEMBALIAN ATAS EKUITAS (ROE) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2020)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh Pengembalian atas Aset (ROA) dan Pengembalian atas Ekuitas (ROE) terhadap Nilai Perusahaan. Pengembalian atas Aset (ROA) adalah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari seluruh aset yang dimilikinya. Pengembalian atas Ekuitas (ROE) adalah rasio yang digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bersih bagi para investor dengan menggunakan modal sendiri. Nilai perusahaan adalah presepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan Harga saham.Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan periode 2015-2020. Dalam pengambilan sampel menggunakan metode Purpossive sampling, sehingga diperoleh sebanyak sembilan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis yang terdiri dari Uji Parsial (t) dan Uji Simultan (f). Hasil penelitian adalah 1) Pengembalian atas aset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaam. 2) Pengembalian atas ekuitas (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. 3) Pengembalian atas Aset (ROA) dan Pengembalian atas Ekuitas (ROE) secara simultan (Bersama-sama) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Kesimpulan penelitian adalah Setiap meningkatnya Pengembalian atas Aset (ROA) membuat Nilai Perusahaan ikut meningkat. Setiap meningkatnya Pengembalian atas Ekuitas (ROE) tidak menentukan Nilai Perusahaan baik dimata investor. Sehingga hal ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk menentukan keputusan dalam berinvestasi pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman.
Kata kunci: Pengembalian atas Aset, Pengembalian atas Ekuitas, Nilai Perusahaan
Desna Yustika Sari - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Desna Yustika Sari. (2021).PENGARUH PENGEMBALIAN ATAS ASET (ROA) DAN PENGEMBALIAN ATAS EKUITAS (ROE) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd