Firantika Oktaviana; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PENGEMBALIAN ATAS ASET (ROA) DAN RASIO HUTANG ATAS MODAL (DER) TERHADAP HARGA SAHAM RATA – RATA (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia peride 2014 – 2020)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh pengembalian atas aset dan rasio hutang atas modal terhadap harga saham rata – rata perusahaan. Pengembalian atas aset adalah rasio yang digunakan untuk mengukur seberapa besar jumlah laba bersih yang akan dihasilkan dari setiap dana yang tertanam dalam total aset. Rasio utang atas modal adalah suatu rasio keuangan yang menunjukkan proporsi relatif antara Ekuitas dengan Hutang yang digunakan untuk membiayai aset perusahaan. Harga saham rata – rata adalah besaran nilai harga yang ditetapkan suatu perusahaan untuk pihak lain yang ingin memiliki hak kepemilikan saham yang dihitung dengan cara membagi jumlah data dengan banyaknya data yang ada. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan periode 2014 – 2020. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purpossive sampling sehingga diperoleh 7 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji t dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian adalah 1) Pengembalian atas aset berpengaruh signifikan terhadap harga saham rata – rata. 2) Rasio hutang atas modal tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham rata – rata. 3) Pengembalian atas aset dan Rasio utang atas modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham Rata – Rata. Kesimpulan penelitian adalah setiap meningkatnya pengembalian atas aset akan diikuti dengan menurunnya harga saham rata – rata. Setiap meningkatnya rasio hutang atas modal akan diikuti dengan meningkatnya harga saham rata – rata. Setiap meningkatnya tingkat pengembalian atas aset dan Rasio utang atas modal akan diikuti dengan meningkatnya Harga Saham Rata-Rata. Sehingga hal ini dapat dijadikan satu dasar dalam menentukan keputusan untuk berinvestasi pada perusahaan manufaktur sub – sektor industri barang konsumsi.
Kata kunci : pengembalian atas aset, rasio hutang atas modal, harga saham rata – rata.
Firantika Oktaviana - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Firantika Oktaviana. (2021).PENGARUH PENGEMBALIAN ATAS ASET (ROA) DAN RASIO HUTANG ATAS MODAL (DER) TERHADAP HARGA SAHAM RATA – RATA (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia peride 2014 – 2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd