Muhamad Luthfi Sukmawan; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN WORKING CAPITAL TURNOVER TERHADAP RETURN ON ASET (Studi kasus pada perusahaan subsektor farmasi yang terdaftar di BEI periode 2014-2019)


ABSTRAK
Setiap perusahaan membutuhkan modal sebagai sumber pendanaan utama dalam proses produksi, Menetapkan sumber dana dapat dilihat dari struktur modal perusahaan, struktur modal dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu dari pemilik atau pemegang saham dan modal yang berasal dari para kreditur. Salah satu rasio yang membandingkan antara hutang dengan modal yaitu rasio hutang terhadap equitas, Debt to Equity Ratio (DER) merupakan hubungan antara jumlah modal pinjaman jangka panjang yang diberikan kepada kreditur dengan jumlah modal sendiri yang diberikan oleh pemilik perusahaan, hal ini biasanya digunakan untuk mengukur financial laverage suatu perusahaan. Modal kerja sebaiknya tersedia dalam jumlah yang cukup agar memungkinkan perusahaan untuk beroperasi secara ekonomis dan tidak mengalami kesulitan keuangan dengan menutupi kerugian-kerugian dan dapat mengatasi keadaan kritis atau darurat tanpa membahayakan keadaan keuangan perusahaan. Working Capital Turnover (WCT) merupakan hubungan antara modal kerja dengan penjualan yang dapat diperoleh perusahaan untuk tiap rupiah modal kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Debt to Equity Ratio dan Working Capital Turnover terhadap Return On Assets pada perusahaan manufaktur subsektor Farmasi yang terdaftar di BEI periode 2014-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, koefisien determinan, regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan Uji t (parsial) dan Uji f (simultan), dengan tingkat signifikansi 0.05 atau 5%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa DER dan WCT berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA perusahaan manufaktur subsektor Farmasi yang terdaftar di BEI periode 2014-2019, ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai koefisien determinasi sebesar 48,3% dan sisanya sebesar 51,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.
Kata Kunci: Debt to Equity Ratio, Working Capital Turnover, dan Return on Assets
Muhamad Luthfi Sukmawan - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Muhamad Luthfi Sukmawan. (2021).PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN WORKING CAPITAL TURNOVER TERHADAP RETURN ON ASET (Studi kasus pada perusahaan subsektor farmasi yang terdaftar di BEI periode 2014-2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd