Zahroh Nur Arista; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN PENERAPAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA PT. SINKONA INDONESIA LESTARI (SIL) CIATER)


Sistem informasi akuntansi yang berkualitas dipengaruhi oleh budaya organisasi yang kuat dan positif serta pengendalian internal yang menjamin keamanan aset, kepatuhan terhadap suatu peraturan, akurasi pelaporan, dan terlaksananya kegiatan yang efektif dan efisien. Lemahnya suatu budaya organisasi serta terjadinya penyimpangan pengendalian internal menyebabkan sistem informasi akuntansi kurang berkualitas.
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui besar pengaruh budaya organisasi dan penerapan pengendalian internal terhadap kualitas sistem informasi akuntansi di PT. Sinkona Indonesia Lestari (SIL) Ciater. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif untuk menggambarkan kondisi budaya organisasi, penerapan pengendalian internal dan kualitas sistem informasi akuntansi, serta metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif untuk menjawab hipotesis penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada karyawan PT. Sinkona Indonesia Lestari (SIL) Ciater, menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria karyawan yang menyajikan laporan akuntansi berjumlah 38 responden. Data diolah secara statisik dengan evaluasi model pengukuran, evaluasi model struktural dan pengujian hipotesis SEM-PLS menggunakan aplikasi SmartPLS3.
Penelitian ini membuktikan bahwa: (1) budaya organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas sistem informasi akuntansi (2) penerapan pengendalian internal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas sistem informasi akuntansi.
Kata Kunci: Budaya Organisasi, Penerapan Pengendalian Internal, Kualitas Sistem Informasi Akuntansi.
Zahroh Nur Arista - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Zahroh Nur Arista. (2021).PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN PENERAPAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA PT. SINKONA INDONESIA LESTARI (SIL) CIATER).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd