Nida Asdilah Rufaidah; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH INFLASI DAN NILAI TUKAR RUPIAH (IDR/US$) TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI PADA SAHAM SUB SEKTOR PERBANKAN DI INDEKS LQ45 SELAMA PERIODE 2014-2018)


ABSTRAK
Indeks LQ45 merupakan indeks yang terdiri dari 45 saham perusahaan tercatat yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas dan kapitalisasi pasar dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Faktor makro ekonomi yaitu inflasi dan nilai tukar rupiah (Rp/US$) yang dapat mempengaruhi terhadap pergerakan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Harga Saham Sub Sektor Perbankan di LQ45 Periode 2014-2018.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan sumber datanya yaitu data sekunder yang diperoleh dari web site resmi yaitu www.idx.co.id. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang ada pada indeks LQ45 dan mengambil sampel untuk diteliti dengan menggunakan purposive sampling. Teknis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data panel, estimasi data panel, uji asumsi klasik dan untuk menguji uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f, dengan tingkat α sebesar 5% dan koefisien determinasi dengan menggunakan Eviews 0.9.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Inflasi berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan perbankan yang terdapat pada indeks LQ45 periode 2014-2018. Sedangkan untuk Nilai Tukar Rupiah tidak memiliki pengaruh terhadap harga saham perbankan di LQ45 periode 2014-2018. Dan berdasarkan hasil penelitian secara simultan inflasi dan nilai tukar rupiah berpengaruh terhadap harga saham perbankan di LQ45 periode 2014-2018.
Kata Kunci: Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Harga Saham, LQ45
Nida Asdilah Rufaidah - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nida Asdilah Rufaidah. (2020).PENGARUH INFLASI DAN NILAI TUKAR RUPIAH (IDR/US$) TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI PADA SAHAM SUB SEKTOR PERBANKAN DI INDEKS LQ45 SELAMA PERIODE 2014-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd