LUTFI NUR ROHMAT; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN TATA LETAK RUANG PRODUKSI TERHADAP KELANCARAN PROSES PRODUKSI BROKAT DI PT. SURYA ANUGRAH GLOBALINDO


Abstrak
Dalam sebuah perusahaan manufaktur kelancaran proses produksi merupakan hal yang sangat penting, dalam hal ini ketersediaan bahan baku menjadi faktor penting dalam menjunjang kelancaran proses oleh karena itu diperlukan pengendalian persediaan bahan baku yang baik. Proses produksi dapat dikatakan lancar ketika pergerakan karyawan dan material melewati proses berlangsung dengan waktu yang singkat , untuk itu dalam menunjang kalancaran proses produksi diperlukan penyusuna tata letak sesuai dengan alur produksi.
Suatu proses produksi dapat dikatakan lancar ketika bahan baku dapat melewati proses produksi dengan cepat. dalam hal ini diperlukan pengendalian persediaan bahan baku yang baik serta di perlukan penyusunan tata letak yang sesuai dengan alur produksi sehingga pergerakan material melewati proses produksi dapat berjalan dengan waktu yang singkat.
Populasi yang digunakan adalah karyawan bagian produksi yang berjumlah 35 dan penggujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reabilitas dengan menggunakan metode penetilitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukan pengendalian persediaan bahan baku yang dilakukan cukup baik, tata letak ruang produksi disusun cukup baik, dan kelancaran proses produksi dirasa cukup lancar. kemudian secara parsial terdapat pengaruh pengendalian persediaan bahan baku dan tata letak ruang produksi terhadap kelancaran proses produksi dan secara simultan pengendalian persediaan bahan baku dan tata letak ruang produksi berpengaruh terhadap kelancaran proses produksi.
Dalam pengendalian persediaan baiknya perusahaan menyediakan bahan baku cadangan untuk mengantisipasi kekurangan bahan baku, selanjutnya perusahaan memperhatikan kembali dalam penyusunan tata mesin dan fasilitas produksi sesuai dengan alur produksi dengan mempertimbangkan keadaan ruangan. Selanjutnya agar proses produksi berjalan lancar perusahaan harus melakukan pengecekan ulang terhadap bahan baku untuk memstikan tidak adanya bahan baku yang tusak, sehingga kegagalan produksi dapat terantisipasi.
Kata kunci : pengendalian persediaan bahan baku, tata letak, kalancaran proses produksi
LUTFI NUR ROHMAT - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
LUTFI NUR ROHMAT. (2020).PENGARUH PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN TATA LETAK RUANG PRODUKSI TERHADAP KELANCARAN PROSES PRODUKSI BROKAT DI PT. SURYA ANUGRAH GLOBALINDO.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd