Listina Purnamasari; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PENGENDALIAN PERSEDIAAN DAN PENGENDALIAN KUALITAS BAHAN BAKU TERHADAP KELANCARAN PROSES PRODUKSI KAIN TWILL MAXFILL 38/4 DI PT. SIPATEX PUTRI LESTARI


ABSTRAK
Industri tekstil semakin berkembang dengan pesat merupakan jawaban dari tantangan industri tekstil saat ini karena permintaan pelanggan yang sering berubah karena mengikuti perkembangan jaman yang semakin tidak menentu arahnya. Perusahaan dituntut untuk dapat memenuhi berbagai keinginan konsumen yang tidak menentu tersebut sebagai upaya untuk dapat tetap bertahan dalam menghadapi persaingan. Permintaan pelanggan harus dapat terpenuhi dengan tepat waktu dan tempat jumlah, hal ini tentu harus didukung oleh proses produksi diperusahaan yang berjalan dengan lancar.
Penelitian dilaksanakan di PT. Sipatex Putri Lestari, perusahaan ini mengalami kendala dalam proses produksinya yang kurang lancar dikarenakan masalah mengenai pengendalian persediaan dan pengendalian kualitas bahan baku grey Twill Maxfill 38/4. Berdasarkan pada kendala yang dialami PT. Sipatex Putri Lestari tersebut, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengendalian persediaan bahan baku grey, pengendalian kualitas bahan baku grey dan kelancaran proses produksi di PT. Sipatex Putri Lestari dan berapa besar pengaruhnya.
Penelitian dilakukan menggunakan data perusahaan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Kriteria pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan data selama tiga tahun terakhir. Data yang digunakan adalah data jumlah persediaan bahan baku sebagai hasil dari pengendalian persediaan bahan baku, data bahan baku dengan kualitas yang bagus sebagai hasil dari pengendalian kualitas bahan baku, dan data jumlah hasil produksi kain Twill Maxfill 38/4 sebagai data kelancaran proses produksi. Semua data diambil persepuluh hari mulai dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2017.
Data yang telah terkumpul akan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Analisis deskriptif menggunakan metode mean, dan analisis verifikatif menggunakan analisis korelasi, path analysis, uji t (pengujian secara parsial), uji F (pengujian secara simultan) dan uji koefisien determinasi.
Kesimpulan dari penelitian deskriptif menunjukkan bahwa pengendalian persediaan bahan baku grey, pengendalian kualitas bahan baku grey dan kelancaran proses produksi di PT. Sipatex Putri Lestari belum berjalan dengan baik, sedangkan hasil penelitian verifikatif menunjukan bahwa secara parsial maupun simultan pengendalian persediaan bahan baku grey dan pengendalian kualitas bahan baku grey berpengaruh signifikan terhadap kelancaran proses produksi kain Twill Maxfill 38/4.
Kata kunci: pengendalian persediaan bahan baku, pengendalian kualitas bahan baku, kelancaran proses produksi.
Listina Purnamasari - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2018
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Listina Purnamasari. (2018).PENGARUH PENGENDALIAN PERSEDIAAN DAN PENGENDALIAN KUALITAS BAHAN BAKU TERHADAP KELANCARAN PROSES PRODUKSI KAIN TWILL MAXFILL 38/4 DI PT. SIPATEX PUTRI LESTARI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd