Bella Sintya; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Food and Beverages yang terdaftar di BEI Periode 2012-2016)


Saham sebagai salah satu instrumen financial assets yang diperdagangkan oleh perusahaan dalam pasar modal yang merupakan wadah jual beli instumen keuangan jangka panjang. Disamping itu, pasar modal merupakan salah satu fasilitas untuk menyalurkan dana dari investor kepada perusahaan. Dengan menginvestasikan kelebihan dana yang dimiliki, investor berharap mendapatkan imbalan dari penyerahan dana tersebut.
Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumberdaya lainnya yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh sejumlah keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, sebelum melakukan keputusan investasi, investor perlu melihat dan menganalisa laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan. Pada prinsipnya, semakin baik perusahaan dalam menghasilkan keuntungan, maka akan meningkatkan harga saham.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Perusahaan manufaktur sub sektor food and beverages yang terdaftar di BEI selama periode 2012-2016. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan. Jenis datanya adalah sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham, penulis menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis verifikatif dengan menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolineritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Economic Value Added (EVA) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan Economic Value Added (EVA) dan Return On Equity (ROE) mempengaruhi harga saham dan memiliki besar pengaruh sebesar 57,6% dan sisanya 42,4% perubahan harga saham dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak ikut diteliti.
Kata Kunci : Economic Value Added (EVA), Return On Equity (ROE) dan
Harga Saham
Bella Sintya - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2018
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Bella Sintya. (2018).PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Food and Beverages yang terdaftar di BEI Periode 2012-2016).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd