Yulianti 41152020150051; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN ATAS ASET (Studi pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)


ABSTRAK
Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba disebut dengan profitabilitas. Profitabilitas dalam penelitian ini diukur dengan tingkat pengembalian atas aset atau Return on Asset.Return on Asset merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari penggunaan aset yang dimiliki perusahaan. Pertumbuhan penjualan adalah peningkatan total penjualan dibandingkan tahun sebelumnya, volume penjualan yang meningkat akan mendorong tingginya profitabilitas. Perputaran piutang merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur berapa lama penagihan piutang dilakukan dalam satu periode.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Perputaran Piutang terhadap Tingkat Pengembalian atas Aset pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018. Terdapat 10 perusahaan yang dijadikan sampel dari 22 perusahaan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan verifikatif, dengan metode kuantitaif. Analisis statistik yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian deskriptif yang dilakukan dapat diketahui hasil pertumbuhan penjualan, perputaran piutang dan tingkat pengembalian atas aset pada perusahaan subsektor makanan dan minuman berfluktuasi, yang dimana setiap tahunnya mengalami kenaikan dan penurunan. Berdasarkan hasil penelitian verifikatif menunjukan bahwa pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap tingkat pengembalian atas aset, sedangkan perputaran piutang berpengaruh terhadap tingkat pengembalian atas aset.
Kata kunci : Pertumbuhan Penjualan, Perputaran Piutang, Tingkat Pengembalian atas Aset
Yulianti 41152020150051 - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Yulianti 41152020150051. (2019).PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN ATAS ASET (Studi pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd