Widanengsih 41152020150047; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PERPUTARAN KAS DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN ATAS ASET (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2018)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh Perputaran kas dan Perputaran piutang terhadap Tingkat pengembalian atas aset. Perputaran kas adalah rasio yang menunjukan kemampuan kas untuk memenuhi kewajiban lancarnya. Perputaran piutang adalah rasio yang menunjukan kecepatan kembalinya modal kerja yang tertanam menjadi kas melalui penagihan. Tingkat pengembalian atas aset adalah rasio yang menunjukan kontribusi aset dalam menciptakan laba bersih. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan periode 2013-2018. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh 13 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan menggunakan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian adalah 1) Perputaran kas berpengaruh terhadap Tingkat pengembalian atas aset, 2) Perputaran piutang tidak berpengaruh terhadap Tingkat pengembalian atas aset, 3) Perputaran kas dan Perputaran piutang secara bersamaan berpengaruh terhadap tingkat pengembalian atas aset. Kesimpulan penelitian ini adalah setiap peningkatan perputaran kas akan diikuti dengan meningkatnya pengembalian atas aset, sehingga keuntungan perusahaan akan semakin besar. Setiap peningkatan atau penurunan perputaran piutang tidak akan mempengaruhi tingkat pengembalian atas aset. Setiap peningkatan perputaran kas dan perputaran piutang secara bersamaan akan diikuti dengan meningkatnya pengembalian atas aset, sehingga keuntungan perusahaan akan semakin besar.
Kata kunci: Perputaran kas, Perputaran piutang, Tingkat pengembalian atas aset
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Widanengsih 41152020150047. (2019).PENGARUH PERPUTARAN KAS DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN ATAS ASET (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd