Hani Melyani; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi pada PERUMDAM Tirta Mukti Pusat Kab. Cianjur)


ABSTRAK
Kualitas Sistem Informasi Akuntansi pada PERUMDAM Tirta Mukti Pusat Kab.Cianjur dapat ditingkatkan oleh hal-hal penting yaitu Pengendalian Internal dan Budaya Organisasi, didalam suatu organisasi Kualitas Sistem Informasi berperan dalam pengambilan keputusan manajemen, Pengendalian Internal berperan dalam mencapai tujuan organisasi, dan Budaya Organisasi berperan untuk membentuk karakter dan perilaku karyawan.
Keamanan Aplikasi dan Jaringan merupakan bagian terpenting dari Kualitas Sistem informasi Akuntansi. Keamanan aplikasi dan jaringan dengan administrator jaringan yang tepat, kerahasiaan data dan informasi yang dimiliki perusahaan akan terjaga dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian internal dan budaya organisasi terhadap kualitas sistem informasi akuntansi. Penelitian ini dilakukan pada PERUMDAM Tirta Mukti Pusat Kab. Cianjur dengan menggunakan metode pengambilan data melalui penyebaran kuesioner yang diisi oleh 33 responden. Data yang digunakan merupakan data primer dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini alat uji statistik yang digunakan adalah Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 26.
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi solusi dalam pemecahan masalah terhadap kualitas sistem informasi akuntansi yang ada pada PERUMDAM Tirta Mukti Pusat Kab. Cianjur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pengendalian internal berpengaruh terhadap kualitas sistem informasi akuntansi. Terdapat dimensi yang mempengaruhi pengendalian internal, yaitu dimensi lingkungan pengendalian dengan indikator kebijakan dan prosedur mengenai sumber daya manusia, dimensi penaksiran risiko dengan indikator identifikasi dan analisis risiko, indikator pengelolaan perubahan, dimensi aktivitas pengendalian dengan indikator keamanan aplikasi dan jaringan, indikator kelangsungan kegiatan, dan dimensi aktivitas pemantauan dengan indikator evaluasi terpisah, dan (2) Budaya organisasi berpengaruh terhadap kualitas sistem informasi akuntansi. Terdapat dimensi yang mempengaruhi budaya organisasi, yaitu dimensi orientasi hasil, orientasi tim, dan stabilitas.
Kata kunci : Pengendalian Internal, Budaya Organisasi, Kualitas Sistem Informasi Akuntansi
Hani Melyani - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Hani Melyani. (2020).PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi pada PERUMDAM Tirta Mukti Pusat Kab. Cianjur).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd