EDO BIMANTARA PRIBADI; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH KINERJA SISTEM ANTRIAN DAN WAKTU MENUNGGU TERHADAP EFISIENSI PELAYANAN TABUNGAN (Studi Pada PT Bank Maybank Cabang Martadinata Bandung)


Sistem antrian menjadi salah satu strategi yang sangat penting bagi setiap perusahaan jasa seperti Bank, termasuk pada pelayanan transaksi tunai di Bank Maybank Cabang Martadinata Bandung. Proses antrian yang nyaman dan tidak terlalu lama tentunya adalah keinginan para nasabah, sehingga mereka dapat segera mendapatkan pelayanan dari teller tanpa harus menunggu lama.
Sistem antrian yang diterapkan oleh PT. Bank Maybank Cabang Martadinata pada dasarnya telah mengalami perkembangan dari masa ke masa menuju ke arah yang lebih baik, dengan terus membenahi operasional sistem antrian dengan sistem yang lebih modern, bernama sistem Qiewing. Sistem ini menggunakan serangkaian teknologi yang mampu merekam tingkat kecepatan pelayanan oleh petugas bank, baik teller maupun customer service, dan memastikan seluruh pelayanan telah dilakukan sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan. Sistem ini diterapkan secara sentralisasi, dimana seluruh data terkoneksi langsung ke kantor pusat, sehingga monitoring dan evaluasi kualitas dan efisiensi pelayanan dapat lebih terukur.
Permasalahan yang sering timbul pada kinerja sistem antrian di Bank Maybank Cabang Martadinata adalah error sistem Qiewing yang menambah waktu tunggu para nasabah dalam proses antrian. Hal ini mengakibatkan pelayanan kepada nasabah menjadi kurang efisien. Selain itu, pelayanan di counter teller masih melebihi standar waktu yang telah ditetapkan oleh perusahaan, sehingga proses antrian Bank Maybank Cabang Martadinata menjadi kurang efektif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar Pengaruh Kinerja Sistem Antrian dan Waktu Menunggu Terhadap Efisiensi Pelayanan Tabungan pada PT. Bank Maybank Cabang Martadinata Bandung. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner dengan sampel sebanyak 88 responden nasabah.
Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil yaitu kinerja sistem antrian dan waktu menunggu berpengaruh signifikan terhadap efisiensi pelayanan tabungan pada PT. Bank Maybank Cabang Martadinata Bandung, merupakan kontribusi dari variabel lain diluar penelitian.
Kata Kunci : Sistem Antrian, Waktu Menunggu, Efisiensi Pelayanan
EDO BIMANTARA PRIBADI - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
EDO BIMANTARA PRIBADI. (2020).PENGARUH KINERJA SISTEM ANTRIAN DAN WAKTU MENUNGGU TERHADAP EFISIENSI PELAYANAN TABUNGAN (Studi Pada PT Bank Maybank Cabang Martadinata Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd