Muhammad Riansyah Batubara; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH RASIO KECUKUPAN MODAL DAN RASIO PINJAMAN ATAS PENDANAAN TERHADAP PENGEMBALIAN ATAS ASET (Studi pada Bank Umum Swasta yang terdaftar di BEI Periode 2016 – 2018)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rasio Kecukupan Modal dan Rasio Pinjaman atas Pendanaan terhadap Pengembalian atas Aset pada Bank Umum Swasta yang terdaftar di BEI periode 2016 – 2018.
Rasio Kecukupan Modal adalah kemampuan suatu perbankan untuk membiayai aktivitas kegiatannya dengan kepemilikan modal yang dimilikinya. Rasio Pinjaman atas Pendanaan merupakan perbandingan total kredit terhadap Dana Pihak Ketiga yang dihimpun oleh bank. Pengembalian atas Aset adalah kemampuan perusahaan menghasilkan laba dengan menggunakan total aset (kekayaan) yang dimiliki perusahaan dengan biaya-biaya untuk mendanai aset tersebut.
Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Swasta yang terdaftar di BEI. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 13 Bank Umum Swasta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan bank umum swasta periode 2016 – 2018. Rancangan pengujian hipotesis menggunakan mulai dari asumsi klasik, regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji – t.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) Rasio Kecukupan modal berpengaruh terhadap Pengembalian atas Aset. 2) Rasio Pinjaman atas Pendanaan tidak berpengaruh terhadap Pengembalian atas Aset.
Kata kunci: Rasio Kecukupan Modal, Rasio Pinjaman atas Pendanaan, Pengembalian atas aset.
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Muhammad Riansyah Batubara. (2019).PENGARUH RASIO KECUKUPAN MODAL DAN RASIO PINJAMAN ATAS PENDANAAN TERHADAP PENGEMBALIAN ATAS ASET (Studi pada Bank Umum Swasta yang terdaftar di BEI Periode 2016 – 2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd