Dewi Novianti; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG USAHA DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN ATAS ASET (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)


ABSTRAK
Perputaran piutang usaha dan perputaran persediaan merupakan unsur aktiva lancar yang mempunyai peranan yang penting bagi perusahaan melalui pengelolaan perputaran piutang usaha dan persediaan secara efektif dan efisien yang bisa menunjukkan likuid perusahaan baik. Perputaran piutang usaha adalah rasio yang digunakan untuk mengukur berapa kali dana yang tertanam dalam piutang akan berputar dalam satu periode. Sedangkan perputaran persediaan merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur berapa kali dana yang tertanam dalam persediaan akan berputar dalam satu periode.
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap Tingkat Pengembalian Atas Aset pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Tingkat pengembalian atas aset adalah rasio yang menunjukkan seberapa besar kontribusi aset dalam menghasilkan laba bersih untuk perusahaan. Semakin tinggi tingkat pengembalian atas aset berarti semakin tinggi pula jumlah laba bersih yang dihasilkan dari setiap rupiah dana yang tertanam dalam total aset.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa dokumentasi laporan keuangan perusahaan. Metode yang digunakan yaitu pengujian statistik dengan regresi linier berganda dan uji asumsi klasik dengan menggunakan SPSS Versi 25. Sedangkan indikator yang digunakan adalah perputaran piutang usaha dan perputaran persediaan sebagai variabel bebas dan Tingkat Pengembalian Atas Aset sebagai variabel terikat.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perputaran piutang usaha secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Tingkat Pengembalian Atas Aset, dan perputaran persediaan secara parsial berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap Tingkat Pengembalian Atas Aset perusahaan.
KATA KUNCI : Perputaran Piutang Usaha, Perputaran Persediaan, Tingkat Pengembalian Atas Aset
Dewi Novianti - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Dewi Novianti. (2019).PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG USAHA DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN ATAS ASET (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd