Suci Hafizah Gusdeawati; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH RASIO UTANG ATAS MODAL DAN TINGKAT PENGEMBALIAN ATAS ASET TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (Studi pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Hotel, Restoran dan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh rasio utang atas modal dan tingkat pengembalian atas aset terhadap pertumbuhan laba. Variabel bebas adalah rasio utang atas modal dan tingkat pengembalian atas aset, sedangkan variabel terikat adalah pertumbuhan laba. Rasio utang atas modal adalah rasio yang digunakan sebagai perbandingan antara total utang dengan total modal perusahaan. Tingkat pengembalian atas aset adalah rasio yang dapat menunjukan kontribusi aset dalam menghasilkan laba bersih. Pertumbuhan laba adalah kenaikan laba yang diperoleh perusahaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan jasa sub sektor hotel, restoran dan pariwisata periode 2015 – 2019. Terdapat 35 populasi perusahaan, berdasarkan purposive sampling jumlah sampel yang digunakan yaitu 11 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis yaitu uji t dan uji f dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) rasio utang atas modal secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hal ini ditunjukan oleh nilai thitung ≤ ttabel yaitu -1,246 ≤ 2,006 dan nilai signifikansi 0,218 > 0,05. Karena bernilai negatif, maka pada setiap kenaikan nilai rasio utang atas modal akan diikuti dengan menurunnya pertumbuhan laba. 2) tingkat pengembalian atas aset secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hal ini ditunjukan oleh thitung > ttabel yaitu 8,569 > 2,006 dan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Karena bernilai positif, maka setiap kenaikan tingkat pengembalian atas aset akan diikuti dengan pertumbuhan laba. 3) rasio utang atas modal dan tingkat pengembalian atas aset secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hal ini ditunjukan oleh fhitung > ftabel yaitu 39,216 > 3,17 dan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05.
Kata kunci: Rasio utang atas modal, tingkat pengembalian atas aset, pertumbuhan laba
Suci Hafizah Gusdeawati - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Suci Hafizah Gusdeawati. (2020).PENGARUH RASIO UTANG ATAS MODAL DAN TINGKAT PENGEMBALIAN ATAS ASET TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (Studi pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Hotel, Restoran dan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd