Nunik Karlina; " />
Record Detail Back

XML

ANALISIS ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT (Studi Pada Sektor Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)


ABSTRAK
Harga saham merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi besarnya permintaan dan penawaran saham bagi investor. Nilai harga saham yang dinilai terlalu tinggi oleh pasar menyebabkan jumlah permintaan akan berkurang. Sebaliknya, bila pasar menilai terlalu rendah, jumlah permintaan akan meningkat. Cara yang ditempuh oleh perusahaan untuk mengatasi masalah tingginya harga saham tersebut adalah dengan melakukan corporate action berupa pemecahan saham atau yang sering kita sebut dengan istilah stock split, yaitu memecah nominal saham kedalam nominal yang lebih kecil dengan rasio tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui perbedaan secara signifikan pada abnormal return dan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah Stock split pada sektor perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2014-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan event study dengan periode pengamatan lima hari sebelum dan lima hari setelah peristiwa stock split. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif yang bersifat komparatif. Data penelitian yang digunakan adalah data sampel yang dipilih melalui metode pengambilan sampel purposive sampling dengan total sampel yang diperoleh sebanyak 16 perusahaan yang diteliti selama 5 tahun. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan Uji Paired Sample T-test menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara abnormal return sebelum dan sesudah peristiwa pemecahan saham (Stock split)dan terdapat perbedaan yang signifikan antara volume perdagangan saham sebelum dan sesudah peristiwa pemecahan (Stock split).
Kata Kunci : Abnormal Return, Volume Perdagangan Saham, Stock Split.
Nunik Karlina - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nunik Karlina. (2019).ANALISIS ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT (Studi Pada Sektor Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd