Irni Rahmawati; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, TOTAL ASSET TURNOVER DAN RETURN ON ASSET TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi pada Perusahaan non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)


ABSTRAK
Peringkat obligasi merupakan salah satu yang perlu dipertimbangkan oleh investor sebelum melakukan investasi obligasi. Hal tersebut dikarenakan peringkat obligasi memberikan pernyataan yang informatif dan memberikan signal kegagalan mengenai probabilitas kegagalan utang pada pada suatu perusahaan. Dalam proses penilaian peringkat obligasi agen pemeringkat menilai suatu perusahaan dari berbagai aspek dan salah satunya yaitu dengan data keuangan, dan salah satu alat yang digunakan dalam mengukur laporan keuangan tersebut yaitu dengan rasio keuangan.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equitu Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO), dan Return on Asset (ROA). Terhadap Peringkat Obligasi (Studi pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berjumlah 32 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling diperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan yang dijadikan objek penelitian. Metode pengujian untuk melihat pengaruh variable independent terhadap variable dependen adalah motode analisis regresi berganda dengan menggunakan IBM SPSS 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Peringkat Obligasi .Debt to Equity Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Peringkat Obligasi . Total Asset Turnover secara berpengaruh signifikan terhadap Peringkat Obligasi dan Return on Asset secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Peringkat obligasi. Sedangkan secara simultan Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover, dan Return on Asset berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi.
Kata Kunci : Current Ratio, (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Asset (ROA), dan Peringkat Obligasi.
Irni Rahmawati - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Irni Rahmawati. (2019).PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, TOTAL ASSET TURNOVER DAN RETURN ON ASSET TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi pada Perusahaan non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd