Gina Maria Ginting Suka; " />
Record Detail Back

XML

ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP RETURN ON ASSET (Studi pada Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)


ABSTRAK
Rasio keuangan adalah suatu alat untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan agar dapat mengetahui bagaimana perusahaan memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan tingkat kesehatan perusahaan dari laba yang diperoleh.
Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba pada periode tertentu. Perusahaan yang semakin besar menghasilkan laba akan menarik para investor untuk menanamkan dananya. Pada penelitian ini rasio profitabilitas yang digunakan adalah Return On Asset yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat keuntungan perusahaan dengan menggunakan asset yang dimiliki perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel (purposive sampling) diperoleh sebanyak 10 perusahaan yang dijadikan objek penelitian. Metode pengujian untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah metode analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Current Ratio tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Return On Asset dan Total Asset Turnover berpengaruh secara signifkan terhadap Return On Asset. Sedangkan secara simultan Current Ratio dan Total Asset Turnover berpengaruh secara signifikan terhadap Return On Asset.
Kata kunci: Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO) dan Return On Asset (ROA)
Gina Maria Ginting Suka - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Gina Maria Ginting Suka. (2019).ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP RETURN ON ASSET (Studi pada Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd