Heru Irawan; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH RASIO LANCAR DAN MARGIN LABA BERSIH TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN ATAS ASET (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2018)


ABSTRAK
Rasio lancar adalah rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajiban jangka pendeknya menggunakan aset lancar. Margin laba bersih adalah suatu pengukuran perolehan laba bersih yang dibandingkan dengan penjualan pada periode tertentu. Pengembalian atas aset adalah rasio untuk mengukur seberapa besar laba yang dihasilkan oleh penggunaan dari seluruh aset perusahaan selama periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara rasio lancar dan margin laba bersih terhadap tingkat pengembalian atas aset pada perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di BEI periode 2013-2018.
Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Cara pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan analisis dokumen, kemudian data diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji F dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 0,879 yang berarti pengembalian atas aset dapat dijelaskan oleh rasio lancar dan margin laba bersih sebesar 87,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel rasio lancar memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap pengembalian atas aset sedangkan variabel margin laba bersih memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengembalian atas aset pada perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga. Rasio lancar dan margin laba bersih secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengembalian atas aset.
Kata Kunci : rasio lancar, margin laba bersih, pengembalian atas aset
Heru Irawan - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Heru Irawan. (2019).PENGARUH RASIO LANCAR DAN MARGIN LABA BERSIH TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN ATAS ASET (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd