Fitri Meiliawanti Putriawan; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH TATA LETAK DAN ANTRIAN TERHADAP KELANCARAN PELAYANAN DI SAMSAT PUSAT PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH BANDUNG III SOEKARNO HATTA (Studi Kasus Pada Konsumen Perpanjangan STNK Kendaraan Roda Dua)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tata letak, antrian, dan kelancaran pelayanan di SAMSAT Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Bandung III Soekarno Hatta. Selain itu untuk mengetahui pengaruh tata letak terhadap kelancaran pelayanan, pengaruh antian terhadap kelancaran pelayanan, ppengaruh tata letak dan antrian terhadap kelancaran pelayanan. Adapun variabel independen (X) yaitu tata letak dan antrian, variabel dependen (Y) yaitu kelancaran pelayanan.
Kelancaran pelayanan dapat didukung oleh beberapa faktor, diantaranya adalah tata letak dan antrian. Tata letak dapat mempengaruhi kelancaran pelayanan, pada saat pelanggan menunggu untuk mendapatkan pelayanan tata letak yang ada di ruangan tersebut dapat memberikan kenyamanan kepada pelanggan sehingga pelanggan dapat menunggu tanpa merasa bosan. Antrian dapat dijadikan sebagai pengambilan keputusan yang berhubungan dengan penambahan fasilitas pelayanan untuk meningkatkan kelancaran pelayanan.
Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang mana konsumen merupakan responden dalam penelitian, untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden 62 orang. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Untuk mengolah data, penulis menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2016 dan SPSS 25 For Windows.
Hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan tata letak berada pada kategori cukup baik, pelaksaan antrian berada pada kategori cukup baik, pelaksanaan kelancaran pelayanan berada pada kategori cukup baik. Tata letak berpengaruh terhadap kelancaran pelayanan sebesar 38,98%, antrian berpengaruh terhadap kelancaran pelayanan sebesar 26,38%, serta tata letak dan antrian berpengaruh terhadap kelancaran pelayanan sebesar 65,50%. Sementara hasil Uji – T menunjukkan bahwa tata letak berpengaruh terhadap kelancaran pelayanan, antrian berpengaruh terhadap kelancaran pelayanan. Uji – F menunjukkan bahwa tata letak dan antrian berpengaruh terhadap kelancaran pelayanan.
Agar pelayanan berjalan lancar hendaknya perusahaan harus lebih memperhatikan aspek tata letak dan antrian secara parsial maupun simultan. Sebab kedua aspek tersebut memegang peranan yang penting untuk kelancaran pelayanan.
Kata Kunci : Tata Letak, Antrian, Kelancaran Pelayanan
NONE
Text
Indonesia
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Fitri Meiliawanti Putriawan. (2019).PENGARUH TATA LETAK DAN ANTRIAN TERHADAP KELANCARAN PELAYANAN DI SAMSAT PUSAT PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH BANDUNG III SOEKARNO HATTA (Studi Kasus Pada Konsumen Perpanjangan STNK Kendaraan Roda Dua).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd