Fadilla Hasyanah; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH DESENTRALISASI DAN KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi pada PT. Inti Bukit Mulya Perkasa Putra)


Pada dasarnya semua keputusan manajer didasarkan pada informasi. Sebagian besar, kualitas keputusan manajemen akan menjadi cermin kualitas akuntansi dan informasi lain yang diterima manajemen. Informasi yang buruk umumnya akan menghasilkan keputusan yang buruk. Dengan demikian, perlu suatu cara akuntansi manajemen dalam melaksanakan tanggung jawab pengambilan keputusan, yaitu sistem informasi akuntansi manajemen. Selain itu, desentralisasi merujuk kepada konsep pengorganisasian yang memandang bahwa apa yang terjadi dilapangan atau dalam kenyataan sering kali tidak sesuai dengan apa yang dipahami oleh hierarki tertinggi dari sebuah organisasi dan diperlukan pembagian porsi dalam pengambilan keputusan serta kebijakan yang menyangkut cara organisasi akan dijalankan. Dalam mencapai tujuan suatu keberhasilan organisasi bergantung pada kinerja manajer. Kinerja sebuah organisasi yang baik tentunya akan ditopang dengan kemampuan manajerial yang baik dari para manajer puncak maupun manajer tingkat bawah. Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu besarnya pengaruh Desentralisasi terhadap Kinerja Manajerial serta Mengetahui besarnya pengaruh Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial pada PT. Inti Bukit Mulya Perkasa Putra. Objek penelitian ini adalah PT. Inti Bukit Mulya Perkasa Putra. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah responden karyawan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan menggunakan metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis deskriptif verifikasi dengan diproses secara statistik menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan kinerja manajerial di PT. Inti Bukit Mulya Perkasa Putra.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Desentralisasi berpengaruh terhadap Kinerja Manajerial, 2) Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi Manajemen berpengaruh terhadap Kinerja Manajerial. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan Desentralisasi sudah berjalan sesuai harapan perusahaan. Agar lebih efektif lagi jika pada dimensi Tanggung Jawab yang terdapat nilai gap lebih besar dari dimensi lainnya, disarankan agar lebih meningkatkan Evaluasi yang aktif dan berlanjutan mengenai tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada karyawan agar karyawan lebih bertanggung jawab karena sering di evaluasi pimpinan. Selain itu, pelaksanaan karakteristik sistem informasi akuntansi manajemen sudah berjalan sesuai harapan perusahaan. Agar lebih efektif lagi jika pada dimensi Timeliness (Ketepatan Waktu) yang terdapat nilai gap lebih besar dari dimensi lainnya, disarankan agar schedule mengenai pekerjaan yang akan dikerjakan agar tidak terjadi keterlambatan dalam mengerjakan pekerjaan.
Kata Kunci: Desentralisasi, Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi Manajemen, Kinerja Manajerial
Fadilla Hasyanah - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2023
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Fadilla Hasyanah. (2023).PENGARUH DESENTRALISASI DAN KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi pada PT. Inti Bukit Mulya Perkasa Putra).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd