Aulia Rayna; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH TINGKAT PENGEMBALIAN ATAS ASET DAN RASIO UTANG ATAS MODAL TERHADAP RASIO PEMBAYARAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2018)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Tingkat Pengembalian Atas Aset dan Rasio Utang Atas Modal terhadap Rasio Pembayaran Dividen. Tingkat Pengembalian Atas Aset merupakan rasio antara laba bersih dengan total aset. Rasio Utang Atas Modal merupakan rasio antara total utang dengan total modal. Rasio Pembayaran Dividen merupakan rasio antara dividen tunai dengan laba bersih.
Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data tersebut meliputi data laporan keuangan tahunan periode 2013-2018 dengan sampel berjumlah 36 dari enam perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan perhitungan analisis, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji-t dan uji-F dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu.
Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukan bahwa 1) Tingkat Pengembalian Atas Aset berpengaruh positif terhadap Rasio Pembayaran Dividen. Setiap peningkatan Tingkat Pengembalian Atas Aset akan diikuti meningkatnya Rasio Pembayaran Dividen. 2) Rasio Utang Atas Modal berpengaruh negatif terhadap Rasio Pembayaran Dividen. Setiap menurunnya Rasio Utang Atas Modal akan diikuti meningkatnya Rasio Pembayaran Dividen. 3) Tingkat Pengembalian Atas Aset dan Rasio Utang Atas Modal berpengaruh positif terhadap Rasio Pembayaran Dividen. Setiap peningkatan Tingkat Pengembalian Atas Aset dan Rasio Utang Atas Modal akan diikuti meningkatnya Rasio Pembayaran Dividen.
Kata Kunci : Tingkat Pengembalian Atas Aset, Rasio Utang Atas Modal, Rasio Pembayaran Dividen
Aulia Rayna - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Aulia Rayna. (2019).PENGARUH TINGKAT PENGEMBALIAN ATAS ASET DAN RASIO UTANG ATAS MODAL TERHADAP RASIO PEMBAYARAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd