Hamzah Nururohman; " />
Record Detail Back

XML

ANALISIS RETURN ON ASSET (ROA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE), TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan PT. Bank Negara Indonesia, Tbk. yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2004-2022)


Dengan terjadinya COVID – 19 atau pandemi virus corona membuat banyak harga saham dari suatu emiten mengalami penurunan yang signifikan. Return terhadap Saham yang di investasikan pada emiten tertentu adalah tujuan utama dari pemilik modal atau investor. Pengetahuan dan infoemasi mengenai ROA (Return on Asset) dan ROE (Return on Equity) adalah salah satu cara untuk investor berinvestasi. Pada analisis ini, dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel terkait dan seberapa besar pengaruhnya. Analisis ini menggunakan Data Annual Report BNI periode 2004 - 2022. Metode sampling yang dipakai pada penelitian ini adalah metode purposivesampling. Dengan menggunakan teknik analisis berupa analisis deskriptif, analisis asumsi klasik, analisis koefisien determinasi, dan analisis hipotesis menggunakan uji t dan uji f dengan taraf signifikan 0,05. Analisis ini memperlihatkan secara parsial ROA (Return on Asset) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pengembalian Investasi Saham, ditunjukkan dengan nilai - thitung > - ttabel dengan nilai -0,596 > -2,110 dan nilai signifikan 0,559 > 0,05. ROE (Return on Equity) menunjukan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pengembalian Investasi Saham, ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,181 > 2,100 dan nilai signifikan 0,044 < 0,05. Secara simultan atau bersamaan ROA (Return on Asset) dan ROE (Return on Equity) menunjukan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Pengembalian Investasi Saham, hal ini ditunjukkan dengan dasar nilai Fhitung> Ftabel yaitu 5,371> 3,35 dan nilai signifikan 0,016 < 0,05.
Kata kunci : Return Saham, ROA (Return on Asset), ROE (Return on Equity)
Hamzah Nururohman - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2023
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Hamzah Nururohman. (2023).ANALISIS RETURN ON ASSET (ROA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE), TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan PT. Bank Negara Indonesia, Tbk. yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2004-2022).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd