Cecep Imam Paisal; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN DAN SIKAP KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM DI RW 01 KELURAHAN CIUMBULEUIT BANDUNG


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Pengetahuan Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM di RW 01 Kelurahan Ciumbuleuit, (2) Pengaruh Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Pelaku UMKM di RW 01 Kelurahan Ciumbuleuit, (3) dan Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Pelaku UMKM RW 01 Kelurahan Ciumbuleuit.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kausal asosiatif (causal assosiative research). Subjek penelitian ini adalah seluruh pemilik UMKM di RW 01 Kelurahan Ciumbuleuit Bandung sebanyak 57 UMKM. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap 57 orang diluar subjek yang terdaftar sebagai UMKM di RW 01 Kelurahan Ciumbuleuit. Teknis analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis verifikatif dangan metode MSI (Method Of Succeshive Internal) dan juga analisis jalur (Path Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif Pengetahuan Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM di RW 01 Kelurahan Ciumbuleuit dengan koefisien regresi mempunyai nilai setuju sebesar 0,433 atau 43,3% dan diagram jalur Pengetahuan Keuangan (X1) memberikan kontribusi terhadap Perilaku Manajemen Keuangan (Y) yaitu 29,1%, (2) terdapat pengaruh positif Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM di RW 01 Kelurahan Ciumbuleuit dengan koefisien regresi mempunyai nilai setuju sebesar 0,556 atau 55,6% dan diagram jalur Sikap Keuangan (X2) memberikan kontribusi terhadap Perilaku Manajemen Keuangan (Y) yaitu 51,5%, (3) terdapat pengaruh positif Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku UMKM di RW 01 Kelurahan Ciumbuleuit dengan koefisien regresi mempunyai nilai kuat sebesar 0,291%atau 2,91% dan diagram jalur di ketahui bahwa total kontribusi yang diberikan kedua variabel bebas sebesar 80,6%.
Kata Kunci : Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Perilaku Manajemen Keuangan
Cecep Imam Paisal - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2023
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Cecep Imam Paisal. (2023).PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN DAN SIKAP KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM DI RW 01 KELURAHAN CIUMBULEUIT BANDUNG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd