Putri Sapitri; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM) DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP RETURN SAHAM ( Studi pada Sektor Petanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018 )


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan earning Per Share (EPS) Terhadap Return Saham. Net Profit Margin (NPM) adalah rasio yang menunjukan tingkat keuntungan (laba bersih) yang didapatkan atas penjualan. Earning Per Share (EPS) adalah rasio yang menunjukan bentuk keuntungan yang akan dibagikan perusahaan kepada para pemegang saham. Return Saham adalah hasil keuntungan yang diperoleh dari investasi yang dilakukan.
Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan pada 21 perusahaan sektor pertanian periode 2014-2018. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sehingga diperoleh 14 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan menggunakan uji asumsi klasik terlebih dahulu.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, 1) Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh terhadap Return Saham. 2) Earning Per Share (EPS) tidak berpengaruh terhadap Return Saham. 3) Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) secara bersamaan tidak berpengaruh terhadap Return Saham. Dalam pengujian determinasi penelitian ini R Square yang diperoleh sebesar 0,035 atau 3,5%.
Kesimpulan penelitian ini adalah setiap peningkatan maupun penurunan pada Net Profit Margin (NPM) tidak diikuti oleh kenaikan maupun penurunan nilai Return Saham. Setiap peningkatan maupun penurunan pada Earning Per Share (EPS) tidak diikuti oleh kenaikan maupun penurunan nilai Return Saham. Setiap peningkatan maupun penurunan Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) secara bersamaan tidak akan mempengaruhi Return Saham.
Kata Kunci : Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Return
Saham
Putri Sapitri - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Putri Sapitri. (2020).PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM) DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP RETURN SAHAM ( Studi pada Sektor Petanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018 ).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd