Putri Nur Azizah; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) (Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan terhadap Profitabilitas (ROA). Penelitian ini menggunkan sampel perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan diukur dengan melihat Laporan Keuangan perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun yaitu 2014-2018.
Populasi pada penelitian ini sebanyak 19 perusahaan. Jumlah perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang di jadikan sampel penelitian ini adalah 7 perusahaan dengan pengamatan selama 5 tahun. Berdasarkan metode purposive sampling, total sampel penelitian ini adalah 35 laporan keuangan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Teknik regresi berganda pada taraf signifikansi 5%.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 4,157 yang lebih besar dari Ftabel 3,27 dan nilai signifikansi sebesar 0,034 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Selain itu juga ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,218 menunjukkan bahwa setiap Profitabilitas (ROA) dipengaruhi oleh Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan sebesar 21,8% sedangkan sisanya sebesar 78,2% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Profitabilitas (ROA)
Putri Nur Azizah - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2020
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Putri Nur Azizah. (2020).PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) (Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd