Nabilah Nashirotul Haq; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN TESTIMONI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE FRESH HERB ORIGIN NACIFIC


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Brand Ambassador dan Testimoni terhadap Keputusan Pembelian Skincare Fresh Herb Origin Nacific baik secara simultan dan parsial. Permasalahan pada penelitian ini terletak pada adanya peningkatan penjualan skincare di Indonesia dari tahun ke tahun baik dari produk dalam negeri maupu luar negeri sehingga tingkat persaingan kosmetik semakin tinggi. Meningkatnya hallyu atau Korean wave di Indonesia menimbulkan banyaknya produk atau brand asal korea selatan masuk ke Indonesia terutama produk Kosmetik dan banyak sekali brand Indonesia baik itu makanan, minuman, kosmetik hingga market place yang menggunakan idol korea sebagai brand ambassador untuk menarik konsumen, padahal selebriti asal Indonesia masih banyak yang mampu untuk memperkenalkan suatu brand. Dimasa pandemi ini masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya yaitu melalui belanja online, dimana belanja online tersebut dapat memberikan testimoni dari konsumen yang telah menggunakan produk atau dari ambassador pada produk, dan hal tersebut dapat menimbulkan atau mempengaruhi terhadap keputusan pembelian. Brand Nacific merupakan produk Kecantikan asal korea selatan yang masuk ke Indonesia, yang menjadi brand ambassador Nacific adalah Chanyeol EXO yang merupakan seorang idol yang memiliki tingkat kepopuleran lebih tinggi, namun kecantikan identic dengan perempuan tetapi Nacific menggunakan brand ambassadornya adalah seorang laki-laki.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengenai brand ambassador (X1) yaitu seseorang yang dipercaya untuk memperkenalkan brand atau produk dan merupakan selebriti terkenal, brand ambassador digunakan oleh perusahaan untuk mengajak dan mempengaruhi konsumen agar menggunakan produk yang dihasilkan (M. Anang Firmansyah 2019:137), serta didukung oleh dimensi dari brand ambassador yaitu transference, kesesuaian, kredibilitas, daya tarik, dan power. Teori testimoni (X2) menurut Rusel (jurnal Ningrum dan Tresnati 2018) yaitu seseorang yang dikenal atau tidak dikenal yang mampu memberikan kesaksian atau jaminan mengenai suatu produk dan bagaimana cara untuk mempergunakannya (serta didukung oleh dimensi dari testimoni yaitu perhatian, minat, kebutuhan, keyakinan, dan tindakan. Untuk keputusan pembelian (Y) menggunakan teori menurut Schiffmen-Kanuk (M.Anang Firmansyah) yaitu seleksi terhadap dua pilihan atau lebih alternative, karena ketersediaan pilihan yang lebih dari satu merupakan suatu keharusan dalam menentukan keputusan pembelian, serta didukung oleh tahap keputusan pembelian yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternative, keputusan membeli, dan pasca pembelian.
Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel 88 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner observasi dan studi kepustakaan. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah Brand Ambassador dan Testimoni. Variabel Dependen dalam penleitian ini adalah Keputusan Pembelian. Metode analisis statistik yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) dengan pengujian hipotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji f). Hasil penelitian uji t menunjukan terdapat pengaruh yang positif signifikan antara X1 dan Y, dengan nilai thitung dari X1 yaitu 2,713 lebih besar dari ttabel yaitu 1,988. Begitu pula dengan thitung dari X2 yaitu 4,083 lebih besar dari ttabel yaitu 1,988 yang artinya terdapat pengaruh yang positif signifikan antara X2 terhadap Y. Sementara hasil penelitian uji f menunjukan bahwa nilai dari Fhitung yaitu 55,598 lebih besar dari nilai Ftabel yaitu 3,10 yang artinya H₁ diterima dan adanya pengaruh yang signifikan antara brand ambassador dan testimoni terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Brand Ambassador, Testimoni, Keputusan Pembelian
Nabilah Nashirotul Haq - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FEB UNLA
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nabilah Nashirotul Haq. (2021).PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN TESTIMONI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE FRESH HERB ORIGIN NACIFIC.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd